Inner world

Lukisan Karya Paul Klee

Seni dalam bahasa Sansekerta  artinya persembahan, pelayanan atau pemberian. Mungkin hal ini berkaitan dengan kepentingan upacara keagamaan seperti pembuatan sesaji untuk persembahan kepada dewa=dewa. Sanidya dalam bahasa Jawa Kuno berarti pemusatan pikiran. dalam berkarya seni memang memerlukan pemusatan pikiran, tanpa pemusatan pikiran tidak akan tercipta karya seni.

Dalam bahasa Indonesia seni diartikan sebagai halus, tipis,, kecakapan batin yang luar biasa yang dapat menjadikan sesuatu yang luar biasa, keahlian membuat karya yang bermutu atau sesuatu yang bernilai tinggi.

Seni diartikan pula sebagai penjelmaan rasa indah yang terkandung dalam jiwa seseorang yang dilahirkan dengan peralatan komunikasi kedalam bentuk yang dapat ditangkap indera.  Seni yang penikmatannya menggunakan indera  pendengar (audio) adalah  seni musik/ seni suara, seni yang penikmatannya menggunakan indera pandang (visual)  adalah  seni rupa, dan seni yang penikmatannya menggunakan pendengar dan pandang (audio visual)  , seni tari dan seni drama /teater.

Apapun artinya, seni selalu menyiratkan keindahan, kehalusan dan kelembutan, bukan hanya yang kasat mata tetapi justru yang tidak nampak, yaitu yang tersirat pada wujd nyata. Seni tidak hanya menggambarkan  hal-hal yang terlihat, namun harus bisa juga memperlihatkan alam batin/ kejiwaan (inner world) yang semula tidak tampak. Dengan kata lain, seni bukan sekedar pernyataan kembali kenyataan dari alam, melainkan perwujudan dari sesuatau yang semula tidak berwujud, seperti suasana batin yang gembira, haru dan juga kemarahan.

Misalnya, bagi Paul Klee seorang senirupawan dari Swiss, seni bukan tiruan alam atau terjemahan alam , seni adalah pernyataan gagasan yang tumbuh dari dalam diri seseorang yang menjadi wujud dan dapat diamati. Dalam penciptaan seni yang utama adalah penuangan kehidupan batin menjadi hasil karya seni yang mengandung nilai estetis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 3 other followers

%d bloggers like this: